5 Tip Cara Belajar Mobil Manual

wp-1507858109963..jpg

  1. Kenali karakter dan tipikal Mobil. Pastikan untuk mengenali dengan elemen penting mobil seperti pedal rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena akan berakibat fatal. Tak hanya itu, tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu dihapal. Perhatikan juga letak dan bagaimana mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling.
  2. Cari lokasi latihan yang ideal. Pilih lokasi yang akan dijadikan tempat latihan menyetir mobil manual. Lokasi seperti lapangan yang cukup luas, akan membuat Anda lebih berkonsentrasi sambil menghafal elemen tadi. Setelah terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya jalanan umum yang sepi.
  3. Harus Fokus . Saat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran kamu lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Dan patut diingat, saat proses menyalakan mesin mobil, pastikan mobil dalam keadaan netral (tidak masuk gigi).
  4. Seimbangkan antara Pedal Kopling dan Gas.
    Kopling mobil berfungsi untuk memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan, selain itu kopling juga digunakan untuk mengubah gigi baik ingin menambah atau mengurangi gigi tanpa merusak roda gigi dari masing-masing gigi transmisi. Perlu diperhatikan, saat Anda mengurangi atau menambah gigi maka harus menginjak pedal kopling. Jadi, hal pokok yang terdapat pada mobil manual adalah perputaran mesin mobil, transmisi, kopling dan roda mobil.  Meskipun mobil belum berjalan sebenarnya mesin mobil telah mengalami putaran, akan tetapi karena putaran yang terjadi belum dapat terhubung dengan roda sehingga roda tidak dapat bergerak. Oleh karena itu, untuk menghubungkan roda ke putaran mesin harus dilalui dari rangkaian kopling yang ada pada mobil. Saat perseneling terhubung diposisi 1,2,3,4,5 dan R maka mesin dapat berputar, kopling dan roda juga akan terhubung, pastikan kopling tidak ditekan. Sementara putaran mesin, kopling dan roda yang tidak terhubung lantaran posisinya berada di posisi Normal (N).Gear shift sudah di posisi gigi 1, tapi belum jalan? Tentu karena Anda belum menginjak pedal gas nya. Tapi jangan diinjak full. Ketika gas akan ditekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Jika sudah berjalan pelan dan hendak melakukan perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, Anda harus selalu menginjak kopling.

    Cara terbaik dalam mengingat jarak dari ayunan pedal kopling, rem dan gas adalah dengan menginjak kopling secara penuh dan ditahan. Lalu lepas pedal kopling secara perlahan dan teratur agar terdengar suara mesin saat mulai turun. Setelah itu Anda dapat melakukannya dengan menginjak pedal kopling berulang-ulang supaya lebih mudah dalam mengenali suara mesin mobil.Cara belajar mobil manual membutuhkan pengetahuan yang lebih mendetail khususnya terkait dengan tuas gigi. Saat mesin telah menyala dan suara stabil maka pindahkan tuas transmisi dari posisi Netral (N) ke posisi gigi 1. Letak posisi gigi 1 berada di tuas transmisi bagian atas, tidak perlu khawatir karena di mobil manual juga sudah terdapat tulisan ataupun gambar dari masing-masing posisi gigi.

    Sekarang saatnya mulai menjalankan mobil dengan cara menginjak kopling secara penuh, pindahkan perseneling di gigi satu, kaki sebelah kanan berada di posisi gas, angkatlah kopling secara perlahan sampai mobil bergerak setelah itu Anda dapat mengangkat kopling dengan penuh hingga mobil berjalan. Saat mobil sudah berjalan maka bisa menambahkan gas dengan menginjak gas dengan pelan-pelan, saat ingin mengurangi kecepatan maka bisa angkat kaki yang berada di posisi gas secara perlahan.

    Ketika mobil sudah stabil maka tambahkan gigi menjadi gigi dua, dengan memperhatikan indikator yang terdapat pada RPM mesin. Jika telah melewati angka 2 artinya melebihi 2000 kali putaran dalam menit sehingga Anda sudah bisa menambahkan gigi 2.

    Lalu, angkat gas dengan penuh supaya putaran mesin menurun setelah itu injak kopling secara penuh dan pindahkan pada perseneling gigi 2, angkat kopling perlahan hingga setengah kemudian injak gas secara hati-hati bersamaan dengan saat mengangkat kopling hingga terangkat penuh.

  5. Persiapkan Injak Rem Ketika Gas Sudah Stabil Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan.Dalam mengendarai mobil masuklah dalam posisi yang datar lalu kaitkan sabuk pengaman supaya perjalanan Anda lebih aman. Saat posisi mobil dalam bidang yang datar maka akan lebih mudah mobil untuk melaju, selain itu keberadaan sabuk pengaman tidak hanya berfungsi untuk menambah rasa aman selama perjalanan. Akan tetapi saat menggunakan sabuk pengaman lalu membuka kaca samping mobil maka akan terdengar suara mesin mobil yang lebih jelas, dengan demikian maka Anda dapat memperkirakan kapan waktunya mulai memasukkan gigi.
  6. Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman Saat Anda ingin memulai mengendarai mobil maka tempat duduknya harus disetting terlebih dahulu agar nyaman dan perjalanan terasa menyenangkan. Tempat duduk nantinya akan berpengaruh terhadap kaki dalam menginjakkan rem, kopling dan gas. Saat mengaplikasikan pedal yang ada diposisi kaki kanan, kiri dan tengah pastikan Anda dapat menginjak sepenuhnya supaya perjalanannya selamat.

mobil motor 87

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s