Tips dan Cara Mengemudi Mobil Matic

Tips dan Cara Mengemudi Mobil Matic

Memindahkan Tuas Transmisi

  • Cara Mengemudi Mobil Manual yang paling penting adalah pengetahuan mengenai tuas gigi. Apabila mesin sudah dihidupkan dan suaranya stabil maka pindahkan lah tuas transmisi dari netral (N) ke posisi gigi 1. Gigi satu berada di posisi tuas transmisi kiri bagian atas, di tuas pasti sudah ada petunjuk atau tulisan maupun gambar posisi masing – masing gigi. Memulai menjalankan mobil dengan menginjak kopling secara penuh, memindahkan perseneling ke gigi satu, kaki kanan berada siap di posisi gas, mengangkat kopling secara perlahan hingga mobil mulai bergerak kemudian angkat kopling secara penuh sampai mobil berjalan. Setelah mobil berjalan maka anda bisa menambah kecepatan dengan menginjak gas secara perlahan.
  • Setelah di rasa mobil berjalan secara stabil maka mulailah menambah gigi ke gigi dua saat mobil berjalan. Dengan memperhatikan indikator RPM pada mesin, jika sudah terlihat melewati angka 2 maka bisa diartikan bahwa sudah melibihi 2000 kali putaran dalam menit sehingga sudah cukup jika anda ingin menambah gigi menjadi gigi 2 . Kemudian angkat gas secara penuh agar putaran mesin kembali menurun, kemudian injak kopling dengan penuh dan pindah perseling ke gigi 2 , angkat kopling secara pelan -pelan sampai setengah kemudian injak gas pelan – pelan dan dibarengi dengan mengangkat kopling sampai terangkat penuh.

Mengenali Suara Mobil

  • Cara mengenali mobil yaitu dengan menginjak pedal kopling dengan penuh dan mengangkat kaki secara perlahan – lahan sampai terdengar suara mesin yang turun. Kemudian mulai menjalankan mobil dengan pelan – pelan sambil mengangkat kaki yang berada di pedal kopling dan menginjak gas dengan pelan – pelan.
  • Setelah memahami 11 cara di atas, ada baiknya kita langsung praktek dengan video cara mengemudi mobil manual berikut ini :
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s