Tips dan Cara Mengemudi Mobil Manual dalam Beberapa Kondisi

Cara mengemudi mobil manual di Jalanan Menurun

  • Pada saat kondisi jalan yang anda lewati menurun maka persneling juga harus turun, Apabila jalanan yang dilewati cukup curam maka pengemudi bisa menggunakan gigi 2 dan dengan menggunakan rem yang seperlunya bisa mempertahankan kecepatan anda melewati jalan menurun, rem yang akan anda gunakan tidak usah diinjak secara penuh.
  • Jaga posisi RPM dalam keadaan aman. Sangat berbahaya jika anda hanya menggunakan rem saja, karena jika terlalu sering menggunakan rem maka rem bisa panas karena terlalu sering di gunakan, engine brake juga bisa hilang, dan jika anda sepenuhnya menggunakan rem maka sangat berbahaya bagi mesin mobil anda, mobil anda bisa mengalami kehilangan booster rem. Jika booster rem hilang maka bisa membahayakan anda dan pengendara yang lain karena mobil yang anda kendarai bisa melaju lebih cepat dan tidak bisa dikendalikan.

Cara mengemudi mobil manual di Jalanan Tanjakan

  • Untuk mengendarai mobil yang berada di jalan tanjakan maka harus memiliki ide untuk melakukan hal – hal yang khusus untuk bisa mengendalikan mobil yang kita kendarai bisa melewati jalanan tanjakan dengan selamat. caranya yaitu dengan menggunakan fungsi rem tangan, karena juga harus memperhatikan tenaga mesin, kekuatan pada kampas kopling, rem pada kaki serta beban muatan yang kita bawa. Harus pintar – pintar dalam mengendalikan rem tangan, rem kaki, kopling dan pedal gas.

Cara mengemudi mobil manual di Jalan Pegunungan

  • Berbagai macam jenis jalanan yang akan kita lewati saat berkendara dari yang lurus, berlandai, tanjakan curam, turunan curam. Dari perjalanan perkotaan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, ada juga jalanan yang menanjak ditambah menurun secara curam yang biasanya kita jumpai di daerah pegunungan. Di perjalanan yang daerah gunung memang tidak macet dan kita akan mendapatkan udara yang segar. Untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan maka berikut ini ada cara mengendarai mobil manual di jalan yang menanjak dan menurun.
  • Jika untuk jalur yang akan anda lewati adalah tanjakan maka gunakan lah transmisi dalam posisi yang rendah. Dengan menggunakan transmisi yang rendah maka mesin mobil yang kita gunakan akan tetap bekerja pada RPM yang tinggi agar mendapatkan tenaga yang cukup untuk melewati jalur tanjakan. Harus lebih hati – hati jika tanjakan yang akan anda lewati panjang dan curam, dalam kondisi seperti itu maka anda akan memaksakan mobil anda untuk mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.
  • Ketika anda akan melewati jalanan yang menikung maka pastikan bahwa anda menggunakan kecepatan yang standar dan memperlambat kendaraan. Dalam keadaan menikung usahakan tidak menyelang kendaraan lainnya karena jika anda menyelang saat menikung bisa sangat berbahaya. Kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak, tetapi dengan membunyikan klakson untuk memberi tahu kendaraan yang berada di depan kita dan kendaraan yang berlawanan arah dengan kita.

Cara memundurkan mobil manual

  • Harus kita ketahui bahwa mobil tidak hanya akan berjalan kedepan, tetapi ada kalanya mobil yang kita kendarai membutuhkan jalan untuk mundur, harus anda kuasai juga bagaimana cara memundur kan mobil manual. Dalam mpbil manual, cara memundur kan hal yang tidak terlalu sulit jika anda sudah menguasai cara memindahkan gigi untuk transmisi manual. Pada dasarnya kendaraan mobil bisa berjalan mundur hanya dengan memindahkan transmisi ke R (mundur). Awalnya hidupkan mesin mobil terlebih dahulu, setelah itu injak pedal kopling yang berada di sebelah kiri dengan penuh dan ditahan, lalu tangan kiri anda bekerja untuk memindahkan tuas gigi ke posisi R (mundur).
  • Jika mobil sudah berjalan mundur maka posisi kaki anda masih tetap di sebelah kiri untuk menginjak kopling dengan penuh, lalu kaki kanan anda menginjak pedal gas tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah.Posisi kaki kanan masih tetap menginjak pedal gas maka kaki kiri yang berada di pedal kopling angkat secara perlahan hingga kaki kanan saja yang bekerja. Anda bisa merasakan mobil akan berjalan mundur. Jangan gunakan rem tangan dan pastikan arah belakang mobil yang anda kendarai tidak dihalang apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s