Mengapa Harus Tune Up, Inilah Manfaatnya

Tune up mobil merupakan service ringan yang dilakukan pada kendaraan bermotor agar performa mesin nya tetap bagus dan stabil dan untuk menghindari performa yang menurun. Tune up kendaraan ini perlu dlakukan secara rutin. mesin mobil sering mati mendadak juga bisa disebabkan karena mobil tidak pernah di tune up. Karena semakin lama kendaraa yang anda pakai dan usianyapun bertambah, maka tentu kondisinya pun akan berbeda dan cenderung menurun dari yang baru. Salah satu langkah yang dilakukan untuk tetap menjaga performa mesin kendaraan anda agar tenaganya tidak menurun serta tetap stabil adalah dengan melakukan tune up secara rutin. Pada umumnya, tune pada setiap kendaraan normalnya diakukan setiap 6 bulan sekali, agar stabilitas performanya tetap terjaga. Jadi tidak heran ya sobat, apabila bengkel kendaraan terutama mobil selau dipenuhi oleh setiap customernya, karena banyak yang tidak ingin melewatkan jadwal tune up yang biasanya akan dipadati oelh banyak nya antirian.

Manfaat Tune Up

  • Memaksimalkan Performa Mesin. Salah satu fungsi utama dari tune up mobil secara umum adalah untuk memaksimalkan performa mesin kendaraan anda. Seperti yang sudah penulis jabarkan di atas, sebuah mesin kendaraan apabila tidak dirawat maka lama – kelaman performa dari mesin tersebut akan menurun.. Jika perfoma mesin kendaraan anda menurun, sudah dapat dipastikan hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan anda ketika menggunakan kendaraan tersebut. Untuk mengatasi masalah seperti ini, maka salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan cara tune up sendiri atau pun via bengkel pada mobil anda.
  • Menghindari Kerusakan Yang Lebih Parah. Fungsi yang kedua dari pentingnya melakukan tune up adalah agar mobil kesayangan anda terhidar dari kerusakan yang lebih parah. Apabila kendaraan anda tidak dilakukan tune up secara rutin sesuai dengan standarnya, maka bisa dipastkan kendaraan anda akan mengalami kerusakan ya sobat.. kerusakan itu sendiri apabila dibiarkan secara terus menerus terjadi dan bertumpuk maka akan menimbulkan kerusakan yang akan lebih parah nantinya. Nah sobat semua, untuk menghindari hal seperti ini sebaiknya lakukanlah tune up secara teratur pada kendaraan anda ya sobat. tanda tanda mobil butuh tune up juga wajib anda ketahui dalam hal ini, agar kerusakan parah tidak terjadi.
  • Menjaga Kondisi Mesin Anda Agar tetap Awet. Bukan hanyaa perawatan tubuh manusia saja yang berfungsi untuk tetap menjaganya agar lebih awet ya sobat, namun hal tersebut juga berpengaruh penting terhadap kondisi mesin kendaraan anda. Segala sesuatu yang dirawat dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap benda atau sesuatu yang dirawat tersebut. Salah satu dampak positif yang dimaksud dalam hal ini adalah menjaganya agar tetap awet. Begitupun dengan mesin kendaraan anda, apabila selalu dirawat dengan salah satunya di tune up, maka kondisi mesinnya kan lebih awet dan bisa dipastikan usianya akan lebih panjang jika dibandingkan dengan mesin yang tidak dilakukan tune up.
  • Memastikan Saringan Udara Dalam Mobil Anda Berfungsi Dengan Baik. Fungsi yang ke empat dari langkah perawatan tune up mobil adalah untuk memastikan komponen saringan udara dalam mesin anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila ada masalah yang disebabkan oleh tidak berfungsinya saringan udara dengan baik pada kendaraan anda, maka hal tersebut akan mempengaruhi suhu dalam kendaraan anda. Suhu yang tidak stabil, akan menyebabkan performa mesin anda berkurang. Selain itu suhu yang panas juga akan mempercepat kerusakan pada komponen mesin anda yang lainnya.
  • Memastikan Semua Komponen Mesin Dalam Kondisi Stabil. Yang tidak kalah penting dari fungsi melakukan dan merawat kendaraan anda dengan cara tune up adalah untuk emastikan kondisi semua komponen yang ada pada mesin mobil anda tetap dalam kondisi yang stabil dan sesuai dengan spesfikasi yang ada pada buku manual kendaraan anda. untuk itu, sebaiknya lakukanlah tune up pada kendaraan anda secara rutin ya sobat agar komponen mesin mobil anda tetap terjaga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s