Cara Melakukan Tune Up Sederhana atau pemeriksaan dan perawatan mobil anda

wp-1507756099610..jpgCara Melakukan Tune Up Sederhana atau pemeriksaan dan perawatan mobil anda

Melakukan Pemeriksaan Dasar

Anda tidak harus menjadi mekanik atau atau ahli kendaraan untuk melakukan pearawatan dasar pada mobil Anda. Anda bisa menghemat uang dengan mempelajari beberapa cara yang mudah ini untuk menjaga mobil Anda selalu ada pada kondisi yang baik sepanjang tahun. Tidak ada lagi panggilan darurat kepada mekanik pada akhir minggu. Tidak ada lagi layanan AAA di pinggir jalan. Lakukan pemeriksaan rutin dan tune up mobil Anda, maka mobil Anda akan aman, sehat dan selalu siap. Lihat langkah 1 di bawah ini.

  • Melakukan Pemeriksaan Dasar. Periksa oli dan tambahkan jika perlu. Salah satu cara termudah yang Anda bisa lakukan untuk memperpanjang usia mobil Anda tanpa membayar tune up yang mahal adalah dengan memeriksa ketinggian oli mesin Anda dan tambahkan jika kurang. Hanye perlu beberapa menit untuk memeriksa ketinggian oli, dan dipstick pada mesin Anda akan memudahkan Anda melakukan pemeriksaan ini, bahkan juga bagi pemula.
  • Cari tutup pada mesin Anda, biasanya berlabel “Oil” dan cari dipstick yang biasanya ada di dekat blok mesin. Lakukan ini saat mesin dingin, atau lakukan di pagi hari, untuk mendapatkan pengukuran yang akurat. Angkat dipstick dan bersihkan dengan kain lap atau tissue.
  • Periksa lapnya. Apakah olinya sangat hitam? Apakah Anda melihat adanya sedimen, atau oli yang mengandung endapan? Jika iya, mungkin Anda perlu mengganti oli. Masukkan kembali dipstick dan angkat kembali untuk memeriksa ketinggian olinya. Garis pada dipsitk akan menunjukkan ketinggian oli yang ada di dalam mesin.
  • Jika permukaan oli rendah, buka tutup oli dan tambahkan sedikit oli mesin yang cocok untuk mesin Anda. Tanyakan ke toko sparepart jika Anda tidak yakin oli apa yang harus Anda pakai. Gunakan corong agar tidak tumpah, dan periksa kembali setelah Anda menambahkannya.
  • Periksa ban. Tidak ada yang lebih buruk dari ban kempes pada saat yang salah, seperti saat Anda hampir terlambat untuk ke kantor, di hari hujan. Tidak, terima kasih. Periksa roda dan rotasikan secara berkala untuk menghindari hal ini. Periksa tekanan ban, dan periksa kembang dari roda, ganti bila perlu.[2]
  • Anda bisa menggunakan alat ukur tekanan ban pada pom bensin, atau Anda bisa membelinya dengan beberapa dolar di toko sparepart dan simpan dalam laci mobil, untuk pemeriksaan teratur. Lihat pada dinding ban Anda untuk tekanan yang benar, dan jangan memompa lebih dari itu. Menjaga tekanan ban Anda normal akan meningkatkan penghematan bbm dan pengendaraan yang aman.
  • Periksa cairan lain. Cari tabung cairan penyemprot kaca, oli transmisi, oli rem, dan juga tabung anti beku, pastikan semua penuh dan bersih, tambahkan jika perlu. Ini tidak perlu Anda lakukan tiap minggu, tapi lakukan tiap beberapa lama agar mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik.
  • Dipstik Oli transmisi merupakan dipstick lain yang ada pada mobil matic, selain dipstik oli mesin. Angkat, lap bersih baca ketinggiannya. Harusnya berwarna merah bening. Anda hanya melakukan penggantian oli transmisi tiap 100.000 mil.
  • Oli rem terletak pada tabung plastik putih pada ruang mesin, berlabel “brake fluid.” Ini tidak seharusnya berkurang, kecuali ada kebocoran, artinya Anda harus segera melakukan perbaikan, atau periksa sendiri.
  • Air radiator atau pendingin perlu diperiksa saat mobil dingin. Saat mesin panas, meskipun sedikit, air radiator akan menyemprot dari tutupnya, jika Anda membukanya. Berhati-hatilah. Jika Anda mencium bau aneh dari kisi-kisi AC, mungkin air radiator bocor menyebabkan glikol menetes pada mesin dan terbakar. Jika air kurang, mungkin ini penyebabnya.
  • Oli Power steering dan air wiper keduanya terletak pada ruang mesin dalam tabung plastik. Oli power steering biasanya memiliki penanda ketinggian oli untuk mesin dingin dan panas. Jadi periksa batas yang benar, tambahkan jika perlu. Air wiper tidak terlalu penting bagi usia mobil, tapi bisa memperpanjang usia wiper Anda dengan memastikan isinya penuh.
  • Periksa aki. Periksa aki dari korosi dan tanda-tanda kerusakan lainnya. Terminal aki bisa diselubungi cairan dari aki, yang menyebabkan timbulnya endapan yang bisa mengganggu saat ada ingin menstarter mesin. Jika Anda merasa starter mobil Anda tidak selancar biasanya, periksa terminal itu.
  • Bersihkan bila perlu dengan baking soda dan sikat gigi bekas. Anda jua bisa menggunakan sedikit soda pop pada bagian yang korosi dan kemudian bersihkan. Kendurkan baut dan bila perlu bersihkan dari segala kotoran.
  • Periksa rem. Secara rutin, saat jalanan sepi, coba pompa rem Anda dengan keras dalam kecepatan rendah, untuk merasakan reaksinya. Apakah mereka langsung berreaksi? Apakah ABS bekerja? Apakah Anda merasakan gesekan, bunyi mencicit, atau rasa tidak seimbang dari rem? Tiap gejala bisa menjadi tanda kerusakan kanvas rem, yang merupakan isyarat bahwa Anda harus melakukan tune up segera.
  • Periksa lampu. Ide yang baik jika Anda secara rutin memeriksa semua lampu untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik, dan tidak ada yang putus. Minta asisten untuk menyalakan lampu sen dan menginjak rem saat parkir, untuk memeriksa lampu-lampu itu.
  • Untuk memeriksa terangnya lampu, Anda bisa memarkirkan mobil Anda mengarah ke tembok, dan nyalakan lampu depan. Mungkin setelan lampu berubah dan perlu disetel kembali untuk memastikan arah lampu yang benar untuk memberikan penerangan yang baik saat berkendara malam hari.

Melakukan tune up rutin

  • Ganti oli tiap 3.000 mil. Untuk menjaga performa mesin Anda tetap optimal, Anda harus membuang oli seluruhnya dan menggantinya dengan oli baru yang tepat. Anda mungkin juga harus mengganti filter oli, yang biasanya harus diganti setiap 15.000 mil. Saat Anda mengganti oli, adalah saat yang tepat untuk mengganti filter oli, yang akan memperpanjang usia mobil Anda.
  • Mengganti oli adalah proyek yang cukup pelik. Meskipun tidak ada yang susah dalam melakukannya, Anda perlu tempat dan alat yang cukup (anda perlu oli baru, baki penampung oli bekas, jackstand, atau jembatan tinggi). Cukup murah sebenarnya bagi Anda untuk membawa mobil Anda ke bengkel untuk mengganti oli, khususnya jika Anda tidak memiliki tempat yang cukup.
  • Rotasikan ban Anda dan ganti jika perlu. Untuk menyeimbangkan keausan roda dan mendapatkan umur lebih panjang, sangat baik untuk merotasi roda mobil Anda dengan pola silang. Tergantung jenis kembang ban Anda. Anda mungkin tidak bis menukar roda ke sisi yang berbeda, namun bisa menukar dari depan ke belakang pada sisi yang sama. Anda akan memerlukan beberapa jackstand jika Anda ingin melakukannya sendiri. Atau Anda bisa membawanya ke bengkel untuk melakukan rotasi dengan cepat dan murah. [3]
  • Ganti wiper jika perlu. Jika Anda menjumpai bahwa karet wiper sudah retak, kendor atau pembersihan yang tidak sempurna saat digunakan, ganti karet wiper dengan yang baru. Di toko sparepart, Anda bisa menemukan wiper yang cocok untuk mobil Anda, cari ukurang yang sama, atau bawa wiper lama sebagai contoh.
  • Ganti filter udara. Filter udara biasanya ada di bagian atas mesin, di bawah penutup yang besar, bisa terbuat dari logam atau plastik. Membuka dan memberisihkan filter udara akan memperpanjang usia mobil Anda.
  • Periksa dan ganti belt jika perlu. Kadang disebut “serpentine belt,” , tali panjang yang mengular di antara alternator, pompa power steering dan komponen mesin lain. Ketepatan pemasangan belt akan berbeda beda, tergantung mesin Anda. Tapi jika Anda mendengar suara mencicit pada saat Anda menstarter mobil, periksa belt dari kerusakan dan ganti jika perlu. Belt hanya berharga beberapa dolar, dan diagram pemasangan biasanya terdapat pada ruang mesin.
  • Ganti busi. Busi juga harus diperiksa dan diganti jika perlu. Busi sangat penting dalam pembakaran bbm, jadi sangat penting untuk memastikan busi dalam kondisi baik. Kerusakan busi menyuebabkan mesin pincang dan mogok, jadi Anda harus selalu memastikan busi dalam kondisi baik.

Memperpanjang Usia Mobil

  • Kurangi pemakaian. Sederhana, lebih sering Anda melakukan start, akan makin berat bagi mobil. Jika Anda ingin memperpanjang usia mobil, gunakan hanya pada saat benar-benar perlu, dan hindari start dan stop terlalu sering.
  • Hindari perjalanan pendek, gabungkan dengan perjalanan panjang. Jika Anda ingin ke toko pagi harinya, dan Anda ingin memberli dofgood dan ke supermarket sore harinya, gabungkan perjalanan itu agar efektif.
  • Jika Anda tidak akan mengemudi untuk periode waktu lama, kandangkan mobil Anda di tempat aman, dan bepergianlah dengan cara lain.
  • Akselerasi perlahan. Memberikan beban pada transmisi dengan mengebut dari posisi berhenti akan merusakkan mesin Anda di jangka panjang. Perlahan saja. Bahkan jika Anda sedang terburu-buru, tetap pelajadi cara berakselerasi yang lembut. Tingkatkan kecepatan perlahan-lahan. Bahka jika Anda mengendarai mobil matic, anggap saja Anda sendang akan mengganti gigi dengan santai.
  • Perlakukan rem dengan lembut. Mobil manual bisa melakukan perlambatan dengan mengganti gigi ke gigi rendah, dan pengemudi mobil matic harus lebih hati-hati untuk menghentikan mobil secara mendadak pada saat terakhir. Langsung mengerem setelah menambah kecepatan akan membuat rem Anda cepat aus, apapun jenis mobil Anda.
  • Jangan menambah kecepatan di lampu merah. Lepaskan kaki dari gas dan bersiaplah untuk berhenti.
  • Ganti gigi dengan lembut pada mobil manual. Mengganti kopling adalah salah satu pekerjaan yang paling sulit dan mahal. Penggantian gigi dengan kasar, akan menyebabkan gigi saling beradu, atau RPM yang terlalu tinggi juga dapat membebani trnasmisi, yang akan mahal untuk diperbaiki. Ganti gigi dengan lembut, khususnya di gigi rendah.
  • Gunakan bbm terbaik untuk mobil Anda. Gunakan bbm dengan oktan yang sesuai spesifikasi, biasanya tertulis pada tutup tangki bensin. Hindari mengisi bensin pada pom bensin yang baru diisi oleh truk tangki. Karena endapan tanah atau air bisa tercampur dan terhisap ke dalam tangki mobil Anda. Ini bisa menyumbat filter bensin Anda. Jika tidak ada pom bensin lain, tunggu 15-20 menit kemudian baru Anda mengisi bensin.
  • Segera perbaiki begitu masalah timbul. Saat masalah timbul, saat ini segera lakukan tune up. Mengendarai mobil dengan belt alternator yang mencicit selama berminggu-minggu buruk akibatnya bagi mobil Anda dan juga ketenangan tetanggan Anda.

Tips

  • Pastikan setelan katup selalu tepat. Katup pada mesin mobil harus disetel secara teratur, kecuali katup tipe hidrolik. Coba untuk mengganti gasket pada tutup katup jika Anda melihat kebocoran oli.
  • Ganti kondensor dan platina. Pada mobil lama, platina dan kondensor harus diganti tiap 6 bulan. Namun jika Anda menggantinya, periksa kembali waktu pengapiannya.

Peringatan

Lebih baik membayar dan membawa mobil ke bengkel, untuk mendapatkan diagnosis masalah yang Anda timbulkan sendiri. Selalu periksa buku manual mobil sebelum Anda mencoba melakukan tune up sendiri.

Sumber

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s