Penyebab Roda Depan Berbunyi

Beberapa penyebab roda depan mobil bunyi saat belok. Mulai roda, bearing, kaliper, link stabilizer, supporter shock dan shock absorber.

  1. Periksa kondisi roda depan mobil. Saat mobil melalui bahu jalan tol, biasanya roda bergetar. Getaran ini terjadi karena bahu jalan memang dibuat dengan aspal yang kasar. Getaran roda terasa semakin kuat dari biasanya, berarti diamater ban sudah tidak rata lagi. Jika sudah begini, maka sebaiknya pengemudi jangan memacu mobil terlalu cepat karena kondisi ban nanti terdeformasi. Kondisi inilah yang disebut dengan roda bergelombang.
  2. Roda bergelombang menyebabkan getaran dan timbunya bunyi pada suspensi. Pengemudi akan semakin merasakan ini jika mesin mobil menjadikan roda depan sebagai penggerak. Roda depan mendapat dua beban yaitu beban drive wheel dan beban pengemudian. Jika roda bergelombang menjadi penyebab roda depan mobil bunyi, maka pengemudi harus mengganti ban. Apabila tidak ada bengkel terdekat, maka solusi alternatif adalah mengganti roda depan dengan roda belakang. Yang patut diperhatikan sebelum mengganti adalah mengetahui jenis rotasi roda karena ada roda yang hanya bisa satu arah putaran. Tapi jika roda bebas putar, maka tidak ada masalah.
  3. Penyebab roda depan mobil bunyi saat belok bisa dicek bearingnya atau disebut bantalan. Komponen ini digunakan roda untuk tumpuan putar. Bantalan pada mobil menggunakan jenis bantalan silinder. Beda dengan sepeda motor yang berjenis pelor. Bantalan ini dibantu dengan pelumasan agar berfungsi secara maksimal. Tapi terkadang bantalan diganggu oleh objek lain seperti debu, air dan objek-objek lain. Objek ini mengganggu pelumasan dan mengakibatkan bearing aus. Aus inilah yang menyebabkan bunyi. Jika diremehkan, bantalan yang rusak akan berefek ke roda. Cara mencegah kerusakan bantalan adalah melak2ukan pengecekan rutin. Entah beberapa bulan sekali. Sambil mengecek, bantalan sebaiknya diberi pelumas lagi agar tetap awet. Mengenai pelumas, pengemudi harus tahu jenis oli mobil dan oli mobil terbaik.
  4. Penyebab roda depan mobil bunyi adalah kaliper yang berada di sistem rem. Kaliper rem tersambung dengan steering knuckle. Steering knuckle sendiri berhubungan dengan getaran putar roda. Kalau sekrup yang menahan rem longgar maka efek getaran akan terasa ke mobil. Solusinya cukup beri pelumas ke kaliper rem ini. Selain karena roda ada beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan rendah dan penyebab mobil goyang saat jalan
  5. Kerusakan pada stabilizer juga bisa menjadi penyebab roda depan bunyi. Stabilizer berguna agar sistem suspensi tetap stabil. Bagian depan dan belakang memiliki stabilizer sendiri. Stabilizer terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari swing bar dan link stabilizer. Link stabilizer punya dua ball joint yang berguna sebagai engsel. Jika pergerakan ball joint tidak begitu kuat maka terdengar bunyi getaran. Lemahnya stabilizer juga bisa menjadi penyebab mobil bunyi saat belok.
  6. Kerusakan pada support shockbreaker juga bisa menjadi penyebab roda depan mobil bunyi saat belok. Support ini terletak di atas shockbreaker yang berperan sebagai bantalan untuk shockbreaker. Kelemahannya, support ini disusun oleh karet yang hanya bertahan sampai satuan kilometer saja. Lama-lama akan kendur jika dipakai dalam waktu lama. Ketika karet kendur sehingga ada kelonggaran antara support dan dudukannya. Kelonggaran itu menghasilkan bunyi dan sering muncul ketika kecepatan mobil rendah. Sebaiknya pengemudi segera mengganti support shockbreaker ini.
  7. Shockbreaker juga menjadi penyebab roda depan mobil bunyi. Shockbreaker bertujuan untuk meredam guncangan. Seperti komponen pada sistem suspensi pada umumnya, shockbreaker menggunakan bantuan pelumas. Masalah akan muncul jika terjadi kebocoran pada pelumas. Karena tidak dibantu oleh oli, dua besi di shockbreaker saling bertabrakan. Bahkan dalam kondisi ekstrim, bisa menyebabkan kecelakaan karena bedanya perbedaan guncangan di sisi kiri dan kanan. Biasanya ini mulai terjadi ketika dua puluh ribu kilometer. Ketika sudah melewati dua ribu kilometer, sebaiknya diservis ulang agar performa shockbreaker bisa optimal lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s