Honda dan Kehebatan Mobilnya

wp-1507786979381..jpgHonda dan Kehebatan Mobilnya

Honda adalah produsen mobil yang paling terkenal di indonesia dan di Dunia. Civic adalah salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda. Di Amerika Utara, Civic nama model mobil Jepang tertua kedua, setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan tahun 1968. Civic, bersama dengan Accord dan Prelude, adalah mobil-mobil Honda yang dijual di Amerika Utara sampai 1990-an, sampai kemudian mobil-mobil ini dikembangkan. Melalui beberapa generasi, Civic berukuran semakin besar dan pasar meningkat dan saat ini menempati tempat di antara Jazz dan Accord. Honda juga memproduksi Honda Civic Hybrid, kendaraan listrik hibrida untuk bersaing dengan Toyota Prius. Produk hibridanya yang lain adalah Insight dan CR-Z.

Segmen truk pikap pertama Honda Ridgeline memenangkan Truck of the Year dari majalah Motor Trend tahun 2006. Pada tahun itu juga, Civic memenangkan Car of the Year dari majalah itu juga.

Lima dari sepuluh mobil paling efisien dari 1984-2010 menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah mobil-mobil Honda, lebih banyak daripada pabrikan mobil lainnya. Lima model tersebut adalah Honda Insight 2002-2006 dengan 53 mpg-US or 4,4 L/100 km; 64 mpg-imp, Honda Civic Coupe HF 1986-1987 dengan 46 mpg-US or 5,1 L/100 km; 55 mpg-imp, 1994–1995 Honda Civic hatchback VX dengan 43 mpg-US or 5,5 L/100 km; 52 mpg-imp, 2006– Honda Civic Hybrid dengan 42 mpg-US or 5,6 L/100 km; 50 mpg-imp, dan 2010– Honda Insight dengan 41 mpg-US or 5,7 L/100 km; 49 mpg-imp. ACEEE juga menyatakan Civic GX sebagai mobil terhijau di Amerika selama tujuh tahun berturut-turut.

wp-1507858109963..jpg

Honda Motor Company, Ltd.

Honda Motor Company, Ltd. adalah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Mereka juga membuat kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan, dan peralatan taman. Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun. Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001. Honda juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar AS. Sekarang ini, Honda juga pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.

Honda merupakan pabrikan Jepang pertama yang meluncurkan merek mobil mewahnya, menggunakan merk Acura untuk mobil mewahnya di Amerika Utara. Mobil Honda terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Honda di Indonesia paling terkenal dengan sepeda motornya.

Honda bermarkas di Tokyo. Saham mereka diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fukuoka, London, Paris dan Swiss. American Honda Motor Co., bermarkas di Torrance, California.

Pada tahun 2013, Honda menginvestasikan sekitar 5,7% (US $ 6,8 miliar) dari pendapatannya untuk penelitian dan pengembangan. Pada tahun 2013 pula, Honda menjadi produsen mobil Jepang pertama yang menjadi eksportir bersih dari Amerika Serikat, mengekspor 108.705 model Honda dan Acura, sementara mengimpor hanya 88.357.

Sejak usia muda, pendiri Honda, Soichiro Honda memiliki minat besar dalam kendaraan bermotor. Dia bekerja sebagai mekanik di Art Shokai, di mana dia menyetel mobil dan dimasukkan kedalam balapan. Dia kemudian membuat desain piston dan menjualnya ke Toyota. Rancangan pertamanya ditolak, dan Soichiro bekerja keras untuk menyempurnakan desainnya, bahkan dia kembali sekolah dan menggadaikan perhiasan istrinya sebagai jaminan

Jajaran produk global Honda saat ini terdiri dari Jazz, Civic, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Legend dan 2 versi Odyssey, untuk pasar Amerika, dan satu untuk pasar internasional. Fitur dan kelengkapan untuk tiap kendaraan Honda dapat berbeda tergantung negara dan kadang hanya ada di region itu saja. Beberapa di antaranya adalah Honda Odyssey dan Ridgeline di Amerika Utara. Beberapa model eksklusif lainnya adalah hatchback Honda Civic 5 pintu di Eropa.

Honda memasuki industri otomotif setelah Perang Dunia II, di mana pesaing sesama Jepang seperti Toyota dan Nissan telah memulai lebih dahulu. Maka, Honda selalu melakukan sedikit perbedaan dari kompetitornya. Produknya yang bertahan lama, seperti Accord dan Civic, selalu menggunakan penggerak roda depan, sehingga menjadi tradisi Honda. Honda selalu memasang teknologi ke dalam produk-produknya, pertamanya sebagai kelengkapan opsional, kemudian menjadi kelengkapan standar. Contohnya adalah rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port awal 1980-an. Honda juga meluncurkan merek mewah Jepang pertama yaitu Acura tahun 1986, mobil sport berbahan aluminium Honda NSX, dan teknologi pengaturan katup yang disebut VTEC.

wp-1507858109963..jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s