Penyebab Aki Motor Lemah

  • Kiprok atau Spul. Khusus untuk overcharge biasanya yang bermasalah adalah kiproknya saja. Kadang kala pada saat putaran tinggi lampu motor sobat langsung menyala lebih terang dari normal dan lebih parahnya bisa putus. Solusinya adalah ganti kiprok motor sobat dengan sparepart original atau jika tidak menemukannya dapat pula digunakan persamaan kiproknya.
  • Perlambatan pengisian accu motor segera ke bengkel untuk mengecek apakah kiproknya bermasalah. Jika yang bermasalah adalah kiproknya segera ganti dengan yang baru, jika tidak ada masalah dengan kiprok maka lakukan pengetesan pada spul nya.
  • Bila spul sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru, gunakan sparepart original ya. Jika motor tergolong susah sparepartnya maka dapat diperbaiki di bengkel dinamo dengan dililit dengan kabel yang baru.
  • Jika dilutuskan untuk menggulung dinamo spul maka pilihlah kawat kumparan yang berkualitas dan usahakan sama dengan aslinya, jangan mengganti dengan yang lebih kecil atau besar. Terlalu besar akan berefek pada output yang terlalu tinggi sehingga dapat merusak kiprok dan accu. Terlalu kecil maka pengisian menjadi lemah dan menyebabkan aki cepat tekor.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s