Cara Perawatan Power Window Mobil

Cara Perawatan Power Window Mobil

Power window menjadi bagian terpenting dalam sebuah mobil. Komponen tersebut menawarkan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang dalam membuka dan menutup jendela. Bila dahulu sangat membutuhkan tenaga dalam menurunkan ataupun menaikan jendela dengan cara memutar engkol. Kini dengan adanya power window, pengoperasian tersebut dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan tombol.

Tentunya butuh perawatan ekstra bila ingin power window selalu dalam kondisi yang sangat baik. Penggunaannya yang terlihat sederhana membuat perawatannya kerap diabaikan sehingga sering terjadi masalah, seperti kinerja yang tersendat atau timbul macet. 

Beberapa perawatan agar power window tetap bauk

  1. Periksalah Power Window Setiap 6 Bulan Sekali. Pastikan kamu periksa kaca jendela mobilmu setiap enam bulan sekali. Pastinya tidak mau bila kinerja kaca jendela mobilmu tidak lagi optimal alias tersendat. Tentunya hal itu akan menimbulkan efek berupa kaca mobil menjadi miring dan bisa menyebabkan kaca tidak akan menutup sempurna ketika akan ditutup. Pastikan kaca jendela mobilmu tidak bekerja dalam kondisi seperti itu. Sebaiknya, kamu memeriksakannya setiap enam bulan sekali. Bila jalanan yang sering kamu lalui sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering.
  2. Luangkan Waktu untuk Membersihkan Karet Kaca Mobil. Gunakan silicon spray untuk membersihkan karet kaca mobilmu.. Caranya cukup menyiapkan silicone spray yang dapat dengan mudah anda temukan di pasaran. Jangan menggunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik. Kamu jangan salah membeli antara silicone spray dengan silicone grease. Dalam laman Wikipedia, silicone grease adalah pelumas pada rem mobil. Selain itu, perhatikan juga karet penghalang debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan. Semprot sepanjang jalur karet dan termasuk karet yang menempel pada frame pintu.
  3. Bersihkan Rel Power Window yang Kotor. Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap bagus, cuci mobilmu setelah melakukan perjalanan jauh Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap bagus, disarankan untuk rutin mencuci mobil ketika mengikuti perjalanan jauh. Jika komponen rel kaca ini diabaikan keberadaannya, kaca jendela tidak dapat bekerja dengan maksimal karena sulit dioperasikan secara elektris. Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan sampo mobil dengan kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet dapat terjaga. Hal penting lainnya lagi adalah mengoperasikan tombol power window dengan halus agar arus listrik mengalir dengan baik pada sistem elektris.
  4. Pergunakan Power Window Mobil Seperlunya Saja. Sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja.. Sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja. Selain itu, juga jangan menarik kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Sebaiknya kamu juga tidak terlalu sering menarik kaca ke bawah jika sedang melewati jalanan berdebu atau setelah melalui daerah yang berdebu. Debu dapat merusak power window mobilmu



    Penyebab Rusak Power Window

    • Rusaknya power window, untuk masalah ini bisa anda cek dari terminal power window nya apakah ada aliran listrik atau tidak, biasanya untuk beberapa mobil klasik yang menggunakan power window sering mengalami kendala ini seperti pada suzuki forsa. Gantilah switch power window dengan yang baru, kalau sudah tidak ada dipasaran bisa anda modifikasi saja dengan model switch universal yang banyak ditemukan dipasaran dan harganya lebih murah saja.
    • Rusaknya gigi-gigi pada rangkaian rel tempat kaca samping, ini biasanya faktor usia dan sering terjadi pada kaca samping depan pada sebelah sopir, akibatnya kaca tidak bisa naik atau turun meskipun sudah diputar-putar tuasnya. Ciri-ciri gigi-gigi kaca sudah mulai aus biasanya pada saat kita memutar kaca samping untuk kita naikkan atau turunkan pada beberapa kali kaca akan tidak bergerak dan terkadang terdengar bunyi “krek” atau sejenisnya. Ciri lain terkadang kaca minta dipegangi bila mau dinaik turunkan.

    Cara mengatasinya, buka dortrim cek gigi-gigi rel kaca bila sudah aus bisa ganti yang baru bila ada, bila nggak ada yang jual kita bawa ke tukang las untuk dibuatkan gigi-gigi ulang

    Karet-karet kacanya sudah mengeras, karena termakan usia dan terkena panas hujan tiap hari karet kaca mobil akan mengeras atau tidak elastis, untuk mengatasi sementara anda bisa taburkan bedak bayi pada samping-samping kaca dan pada permukaan kaca, cara ini bisa juga digunakan untuk mengatasi kaca samping dengan gerak geser juga. Jangan menggunakan oli atau pelumas lain karena bisa mengakibatkan cepat kotor sehingga malah tambah macet dan kaca terbaret oleh kotoran.

    Rel kaca rusak dan karatan, biasanya kaca kalau dinaik turunkan akan selalu tidak pas seperti miring kanan atau kiri maupun kaca seperti mau lepas, tips mengatasinya segera cek dan bawa ke tukang las untuk membuatkan rel yang baru, kalau hanya karatan saja anda bisa menggunakan minyak rem untuk mengatasi karatannya, gosok sampai karat hilang semua kemudian bisa diberi pelumas, paling baik bisa memakai campuran minyak tanah dengan minyak goreng. Dijamin lancar kembali bila dipasangkan.

    Hal-hal lain seperti cara pemasangan kaca yang salah, kaca mobil berjamurkarena salah dalam mencuci dan lain-lain bisa menyebabkan kaca samping menjadi macet.

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s