Cara mengetahui sistem kelistrikan atau Aki kendaraan bermotor dalam kondisi baik 


Cara untuk mengetahui apakah sistem kelistrikan atau Aki kendaraan bermotor dalam kondisi baik adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan peralatan berupa multi meter tester(disarankan yang digital) agar lebih gampang pembacaannya dan setting panah multi tester ke DC volt sesuai dengan voltase aki.
  2. Buka bagian sepeda motor s
  3. yang terdapat accu, baik accu kering maupun accu basah. Cek terlebih dahulu kondisi dari accu apakah air di dalamnya cukup atau tidak. Jika kurang silakan sobat tambah dengan air aki atau air destilasi (bukan accu zuur).
  4. Lihat positif aki dan negatif dari aki, jangan sampai kebalik. Lalu tempelkan positif multitester ke positif aki, dan negatif multi tester ke negatif aki. Jika tidak paham mana negatif dan positif maka biasanya ada warnanya (Merah= Positif dan Hitam= Negatif). Pada saat ini accu harus dalam kondisi terpasang sempurna di motor.
  5. Coba lihat tegangan pada aki tersebut, jika menunjukkan angka 11-12,5 atau lebih maka aki sobat masih dalam keadaan baik dan tidak perlu pengisian ulang menggunakan charger accu.
  6. Hidupkanlah mesin kendaraan , dan tetap perhatikan tegangan pada multi testernya. Lihat pergerakan naik pada tegangan yang terbaca di multi tester. Selsnjutnya gas perlahan, ingat ya berlahan saja sampai dengan putaran tinggi.
  7. Pada saat putaran tinggi idealnya maksimal multi tester akan menunjukkan 14,8 Volt, Jika melebihi tegangan 14,8 Volt maka ada kemungkinan aki jebol karena over charge. Aki yang mengalami over charge pada saat digunakan menjadi sangat panas, dan panas tersebut akan merusak elemen dari aki tesebut.Sebaliknya jika pada saat dinaikkan putaran gasnya ternyata tidak naik, ini pertanda bahwa sistem pengisiannya bermasalah. Dengan tidak ikut naik maka pengisian aki menjadi lama dan tidak sebanding dengan penggunaannya. Ketika semua piranti dihidupkan dan aki yang digunakan tidak mengalami pengisian secara normal maka aki akan cepat tekor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s